Jumat, 08 November 2013

Refleksi Rekayasa Perangkat Lunak


          Sekilas tentang pemahaman tentang materi-materi yang telah dijelaskan pada pertemuan mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

          Dalam blog ini, saya akan membahas tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah saya pahami, apa yang belum dipahami atau masih kurang dan pendapat tentang proses pembelajaran  materi Software Process.

          Materi yang telah saya pahami adalah materi dari hasil kerja kelompok dan hasil pembahasan dosen yaitu Model Rapid Application Development (RAD). Proses pengerjaan pada model ini yaitu dengan membuat beberapa tim yang benar-benar paham tentang tugas  yang diberikannnya, setiap tim juga memiliki tugas yang berbeda-beda maka apabila terjadi kesalahan pada satu tim maka akan diberikan kembali pada tim tersebut untuk memperbaiki ulang untuk mendapatkan satu software yang utuh dan semua tim diberikan waktu untuk menyelesaikannya dengan jangka waktu yang sama.

          Materi yang masih belum saya pahami yaitu proses-proses yang terjadi pada model Prototyping, model Incremental dan model spiral.

          Pendapat saya tentang proses pembelajaran materi ini yaitu pada cara belajar profesor yang telah diarahkan, mungkin belum terlalu dipahami tentang materi tersebut. Walaupun dengan membaca buku dan terlibat lansung dalam karya tiap kelompok mengenai tiap-tiap model proses perangkat lunak, mungkin hanya beberapa poin saja yang dapat dikuasai. Mungkin perlu penjelasan yang lebih detail lagi mengenai tiap-tiap model proses perangkat lunak agar materi ini dapat dipahami betul dan dapat pindah ke materi selanjutnya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar